Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Terapkan Industri 4.0, Balai Riset Kemenperin optimalkan inovasi panel surya

0 Comments
149
08 Jul 2020

Balai Riset dan Standarisasi Industri (Baristand) Surabaya, salah satu unit litbang milik Kementerian Perindustrian, telah melakukan beberapa riset mengenai implementasi industri 4.0 dalam mendukung penggunaan energi baru terbarukan.

Inovasi ini diharapkan dapat dikembangkan secara manufaktur oleh industri di dalam negeri sehingga mampu mensubstitusi komponen pendukung pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang masih impor.

"Energi baru terbarukan merupakan era masa depan untuk keberlanjutan penyediaan energi dan ketenagalistrikan nasional, termasuk yang menjadi kebutuhan sektor industri," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi dalam keterangan resminya, Rabu(8/7).

Kepala BPPI menjelaskan, sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan energi fosil (minyak, batubara, dan gas bumi) yang mencapai 81,3 persen pada tahun 2018.

"Di lain pihak, Indonesia kaya akan potensi sumber energi baru terbarukan mulai dari panas bumi, matahari dan juga energi hydro," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Doddy, salah satu arah kebijakan dan strategi dalam rangka pemenuhan akses, pasokan energi serta tenaga listrik yang merata dan berkelanjutan adalah peningkatan efisiensi pada pemanfaatan energi dan tenaga listrik melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi smart grid.

Hal tersebut sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni pemenuhan kebutuhan energi dengan mengutamakan peningkatan energi baru terbarukan dari porsi bauran energi nasional 8,6% pada tahun 2019 naik menuju 23% pada tahun 2024.

Doddy menambahkan, teknologi smart grid pada PLTS membutuhkan komunikasi yang efektif antara bagian-bagian yang menjadi aspek penting karena merupakan syarat bagi proses monitoring dan pengendaliannya.

"Pemanfaatan IoT sebagai teknologi pendukung pada smart grid dapat meningkatkan produktivitas dengan merampingkan proses komunikasi serta mampu meningkatkan keakuratan data dan informasi," imbuhnya.

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Dorong industri keramik masuk jajaran empat besar dunia, ini strategi Kemenperin Kemenperin: Industri Kimia Wajib Hindari Resiko Bahan Berbahaya Infrastruktur Digital Jadi Bagian Vital Kawasan Industri untuk Pikat Investor ‚ÄčEra Kebiasaan Baru Jadi Waktu yang Tepat untuk Terapkan Industri 4.0 Asosisasi industri baja apresiasi upaya Kemenperin perbanyak SNI wajib Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Baterai Mobil Listrik Lokal Kemenperin Kembangkan Teknologi Sistem Pemantauan Air Limbah dan Emisi Real Time Catat! Ini Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru di Industri Mamin Inovasi Industri dari Balai Riset Kemenperin Dukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Lepas Ekspor Baja Ringan di Masa Pandemi, BPPI Kemenperin: Pejuang-pejuang Industri Ada Di Sini

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.