Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Pengembangan ATBM Dobby Menggunakan Sistem Dobby Elektronik

0 Comments
1962
12 Jan 2017

Kain tenun tradisional yang dihasilkan beberapa daerah di Indonesia pada umumnya dibuat secara manual menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) atau menggunakan gedogan dimana teknologinya masih sangat sederhana. Penggunaan ATBM maupun gedogan dalam memproduksi kain tenun sangat lama, semakin variatif desain yang ingin dihasilkan maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan, baik saat proses tenun atau persiapan pertenunannya.
Pada ATBM yang menggunakan dobby secara mekanik, proses persiapan untuk membuat desain sangat memakan waktu lama hal ini dikarenakan adanya proses pemasangan paku-paku dobby yang memerlukan ketelitian dan tingkat kesulitan tinggi untuk desain yang lebih variatif.
Dengan adanya permasalahan tersebut maka  Balai Besar Tekstil berinisiatif mengadakan penelitian mengenai pengembangan ATBM dengan menggunakan sistem dobby elektronik. Sedangkan kain yang dihasilkan tetap memiliki ciri dan karakteristik hasil tenun ATBM. Dengan dikembangkannya ATBM dobby elektronik tersebut diharapkan proses pembentukan desain menjadi lebih cepat dan dapat dipergunakan kembali dengan hanya memanggil data desain yang diinginkan karena data desain sudah tersimpan pada database komputer.

http://bbt.kemenperin.go.id/id/pengembangan-atbm-d...

0.0
Last Modified: Selasa 14 Pebruari 2017 20:44
Related Articles: Making Indonesia 4.0 Pangkas Impor Komponen Elektronika 20 Persen Kemenperin Terima Kunjungan Balasan Delegasi China Bahas Limbah Elektronik Bangun Ekosistem Inovasi Era Industri 4.0, Kemenperin Kolaborasi Lintas Sektor Pacu Nilai Tambah CPO, Kemenperin Dorong Pengembangan Bio Ester BBKB dan Bupati Bantul, Perkuat Pengembangan IKM Kerajinan dan Batik Angkat Keunggulan Daerah, Kemenperin Dirikan Balai Pengembangan Produk dan Standardisasi Industri (B MAHASISWA MAGISTER TEKNIK SISTEM UGM PELAJARI PROSES IPAL BBKKP Riset dan Pengembangan Industri Terus Didorong Keramik Yang Berkelanjutan Tanpa Menggunakan Tungku Pelajari Penyamakan Di BBKKP Untuk Pengembangan Wirausaha Bidang Kulit
Alat Tenun Bukan Mesin

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.