Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Dukung Industri Alas Kaki, Kemenperin Latih SDM Alas Kaki

0 Comments
741
27 Apr 2017

Industri alas kaki merupakan komoditas andalan industri manufaktur, karena mampu menyerap tenaga kerja dan menyumbang devisa negara. Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan kinerja industri alas kaki yang dikategorikan sebagai salah satu sektor prioritas untuk dikembangkan. Direktorat Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki dan Aneka Kemenperin bekerja sama dengan Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Desain Alas Kaki dengan instruktur dari Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP). Pelatihan berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 17 s.d 28 April 2017, dibuka oleh Kepala Subdirektorat Industri Tekstil, Elis Masitoh. Dalam sambutannya, Elis Masitoh mengharapkan industri alas kaki dapat menghasilkan produk dan desain yang berdaya saing.

Haris Nur Salam dan Sugeng Supardal dari BBKKP menjadi instruktur yang melatih 24 (dua puluh empat) peserta yaitu pengrajin sepatu di daerah Jawa Timur. Selama pelatihan, peserta diberikan materi mengenai pembuatan pola dengan copy of last dan diajari untuk membuat pola dasar hingga pola jadi. Dilanjutkan dengan praktek pemotongan bahan, penyesetan, pelipatan, penjahitan (merakit dan menjahit), pengesolan dan finishing. Dari pelatihan ini dihasilkan 24 pasang sepatu yang dibuat oleh masing-masing peserta dan dua pasang sepatu yang dibuat secara berkelompok.

Pelatihan ditutup pada Rabu, 26 April 2017 oleh Sekretaris Aprisindo Jatim, Ali Masud. Dalam sambutannya, Ali Masud berpesan kepada seluruh peserta pelatihan supaya ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat dikembangkan lagi, dan Aprisindo siap memfasilitasi dengan meminjamkan tempat dan fasilitas yang dibutuhkan.

Sumber:http://www.bbkkp.go.id/konten.php?konten=berita&idn=182

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: RI Berpotensi Pacu Daya Saing Sektor Hasil Perkebunan Melalui Industri 4.0 Kemenperin Gelar Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019 Kemenperin Siap Telurkan Inovasi Startup Industri Kerajinan dan Batik Kemenperin Ukur Ratusan Industri untuk Siap Memasuki Era 4.0 Perusahaan Manufaktur Nasional Siap Bertransformasi Menuju Industri 4.0 Industri Manufaktur Nasional Sumbang PDB Tertinggi di Asean Gaet Ratusan Pelanggan, Layanan Balai Riset Industri di Medan "Laris Manis" Menperin Serahkan Penghargaan Industri Hijau Kepada 143 Perusahaan Balai Riset Kemenperin di Surabaya Luncurkan Inovasi Berbasis Industri 4.0 Manufaktur Berdaya Saing Tinggi, Pemerintah Fokus Perkuat Industrialisasi
Dukung Industri Alas Kaki Kemenperin Latih SDM Alas Kaki

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.