Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Hanya Modal Rp50 Juta, Air Laut Bisa Langsung Diminum

0 Comments
69
10 Aug 2017

MAKASSAR - Industri maritim tak hanya sebatas infrastruktur dan hasil perikanan. Air laut pun bisa dimanfaatkan untuk air minum.
 
Teknologi ini telah diperkenalkan Kementerian Perindustrian, pada puncak perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22, di Wisma Negara, Center Point of Indonesia (CPI), Kamis (10/8/2017). Alat ini bisa digunakan pada wilayah pesisir yang kesulitan air bersih.
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Ngakan Timur Antara mengatakan, investasi alat ini hanya Rp50 juta. Kapasitasnya kata Ngakan, bisa mengolah lima ribu liter air laut per hari. Menurutnya, alat terbaru ini dikembangkan sejak 2015 lalu dan saat ini masih terus dilakukan penyempurnaan.
 
"Investasinya murah tapi hasilnya bisa memenuhi kebutuhan air ratusan rumah tangga," kata Ngakan, di Wisma Negara CPI, Kamis (10/8/2017).
 
Menurutnya, teknologi ini memiliki potensi mengoptimalkan penyaringan air di daerah yang tak bisa memperoleh instalasi desalinasi dengan ukuran besar. Dia menyebut, proses desalinasi air laut ini juga cocok dikembangkan di wilayah kepulauan.
 
"Selama ini kan instalasinya butuh dana besar, tetapi alat kami bisa terjangkau rumah tangga," sebutnya.
 
Kepala Balai Besar Industri Makassar, Abdul Rachman Supu menambahkan, alat desalinasi air laut ini bisa diproduksi sesuai permintaan customer.
 
Namun ke depan, tuturnya, akan diproduksi massal jika ada investor yang berminat mengembangkan teknologi tersebut.
 
"Kita ajak investor untuk bekerja sama, ini potensial sebab wilayah kepulauan cukup banyak," tambahnya. 

Sumber: http://fajaronline.com/2017/08/10/hanya-modal-rp50-juta-air-laut-bisa-langsung-diminum#.WYyGrnZ0bVo.twitter
 

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Penerapan SNI Wajib Dapat Turunkan Tingkat Impor Hingga USD 282 Juta Industri Nasional Mampu Terapkan Standar Keberlanjutan Global Keramik Yang Berkelanjutan Tanpa Menggunakan Tungku
Hanya Modal Rp50 Juta Air Laut Bisa Langsung Diminum

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.