Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Industri Indonesia Diharapkan Makin Maju dan Ramah Lingkungan

0 Comments
626
27 Peb 2018

Upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor Industri semakin terwujud pasti. Dalam usahanya, Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian menggandeng banyak peneliti sehingga dapat menciptakan teknologi yang dapat menunjang penuh kemajuan industri di Indonesia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Kemenperin, Ngakan Timur Antara mengatakan, sektor industri di Indonesia menyerap lebih dari 16 juta orang. Dia memperkirakan jumlahnya dapat terus bertumbuh apabila industri dapat maju. Dia juga mengatakan, industri di Indonesia telah tumbuh hingga 4,8 persen. Tahun lalu, lanjutnya, tumbuh 4,4 persen.

"Jadi, mari kita duduk bersama dan memikirkan bagaimana industri bisa tumbuh. Kita sudah memasuki jaman industri 4.0. Upaya yang dapat kita lakukan ialah bekerjasama dengan peneliti dan mewujudkannya lewat sektor industri," kata dia dalam acara rapat koordinasi dan pameran inovasi industri di Wisma Perdamaian, Selasa (27/2).

Sementara itu,  I Gusti Putu Suryawirawan, selaku kepala Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, mengungkap banyak negara maju yang telah memperhatikan mengenai enviromental goods yang berorientasi pada keramahan lingkungan. Bahkan, lanjut dia, banyak negara maju yang sudah membuat kesepakatan untuk menurunkan tarif enviromental goods and services.

"Ada 18 negara yang sudah sepakat. Kita belum masuk daftar. Hal ini perlu kita perhatikan juga," ungkap dia.

Suryawirawan berharap, dengan kegiatan rapat koordinasi ini, semua pihak dapat bersepaham bahwa Industri di Indonesia perlu maju hingga internasional. Oleh karena itu, dia menginginkan kerjasama antara industri, pemerintah, dan akademisi dapat berlangsung mulus hingga membuahkan hasil maksimal.

Sementara itu, Ferri Aditya, direktur Rekadaya Multi Adiprima perusahaan binaan Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) mengungkapkan dengan adanya kerjasama antara peneliti dan industri pihaknya sangat berharap supaya kemajuan industri semakin bagus. 

Bagi dia, kegiatan ini, cukup membanggakan karena industri besar dapat memotivasi bagi industri kecil menengah. Selain itu, dia memaparkan langkah pasti pemerintah dalam mendukung kemajuan industri melalui insentif pajak dan dukungan penelitian dan pengembangan.

"Bahwa inovasi dan kreatifitas harus dibangun. Perlu adanya litbang sehingga industri semakin maju. Sampai terjadi kolaborasi yang sangat erat antara industri makro dan industri kecil menengah,"  kata dia.

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: RI Berpotensi Pacu Daya Saing Sektor Hasil Perkebunan Melalui Industri 4.0 Kemenperin Gelar Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019 Kemenperin Siap Telurkan Inovasi Startup Industri Kerajinan dan Batik Kemenperin Ukur Ratusan Industri untuk Siap Memasuki Era 4.0 Perusahaan Manufaktur Nasional Siap Bertransformasi Menuju Industri 4.0 Industri Manufaktur Nasional Sumbang PDB Tertinggi di Asean Gaet Ratusan Pelanggan, Layanan Balai Riset Industri di Medan "Laris Manis" Menperin Serahkan Penghargaan Industri Hijau Kepada 143 Perusahaan Balai Riset Kemenperin di Surabaya Luncurkan Inovasi Berbasis Industri 4.0 Manufaktur Berdaya Saing Tinggi, Pemerintah Fokus Perkuat Industrialisasi

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.