Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Pembahasan Permasalahan Industri Karet dan Plastik

0 Comments
1680
07 Mar 2017

Pertemuan membahas permasalahan industri karet dan plastik dilaksanakan di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) bertempat di ruang Resin pada Selasa (07/03/2017). Acara yang menghadirkan narasumber Suharyo Honggokusumo dari Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (GAPKINDO) dan Rifana Erni dari Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik (INAPLAS) ini diikuti oleh peneliti dan perekayasa di bidang karet plastik di BBKKP.

Diskusi dipimpin oleh Kepala BBKKP, Agus Kuntoro dan dipandu oleh Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi, Syakir Hasyimi, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dari diskusi mengenai karet diperoleh masukan perlunya optimalisasi dalam pengelolaan bahan olah karet (bokar) supaya menaikkan nilai jualnya dan sekaligus menjamin kualitas produk akhirnya. Selain itu penting untuk dilakukan riset terkait pengolahan karet yang ramah lingkungan (minim energi dan minim limbah), serta kontribusi riset pada hilirisasi produk karet.

Dari diskusi mengenai plastik, ada beberapa hal perlu digarisbawahi, diantaranya perlunya melakukan riset terkait bioplastik mengingat telah ditetapkannya SNI 7188.7:2016 Kriteria ekolabel - Bagian 7 : Kategori produk tas belanja plastik dan bioplastik mudah terurai. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengembangan penelitian plastik berbasis nabati dan campuran, pembuatan produk plastik yang high value added semisal untuk industri otomotif dan elektronika, serta manajemen pengolahan limbah plastik.

Sumber : http://www.bbkkp.go.id/konten.php?konten=berita&idn=170

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Kunjungan Kerja Kepala BPPI Kemenperin ke Balai Sertifikasi Industri Langkah Strategis Kemenperin Percepat Transformasi Industri 4.0 Balai Kemenperin Temukan Inovasi Cara Ubah Sampah Plastik Menjadi BBM Kemenperin Lakukan Pilot Pendampingan Industri 4.0 Kepada 10 Perusahaan Pacu Industri Makanan, Balai Besar Industri Agro Manfaatkan Teknologi 4.0 Si Telmi Biam Masuk Peringkat Top 45, Inovasi Kemenperin Dukung Industri Minyak Kayu Putih Dorong Trasformasi Industri Digital, Kemenperin Gelar Roadshow INDI 4.0 Inovasi Litbang Genjot Kontribusi Ekspor dan Produktivitas Sektor Industri Kemenperin Bikin Alat Pantau Kualitas Udara dan Pengolah Air Limbah Industri RI Berpotensi Pacu Daya Saing Sektor Hasil Perkebunan Melalui Industri 4.0
industri karet dan plastik

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.