Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Pembahasan Permasalahan Industri Karet dan Plastik

0 Comments
1402
07 Mar 2017

Pertemuan membahas permasalahan industri karet dan plastik dilaksanakan di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) bertempat di ruang Resin pada Selasa (07/03/2017). Acara yang menghadirkan narasumber Suharyo Honggokusumo dari Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (GAPKINDO) dan Rifana Erni dari Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik (INAPLAS) ini diikuti oleh peneliti dan perekayasa di bidang karet plastik di BBKKP.

Diskusi dipimpin oleh Kepala BBKKP, Agus Kuntoro dan dipandu oleh Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi, Syakir Hasyimi, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dari diskusi mengenai karet diperoleh masukan perlunya optimalisasi dalam pengelolaan bahan olah karet (bokar) supaya menaikkan nilai jualnya dan sekaligus menjamin kualitas produk akhirnya. Selain itu penting untuk dilakukan riset terkait pengolahan karet yang ramah lingkungan (minim energi dan minim limbah), serta kontribusi riset pada hilirisasi produk karet.

Dari diskusi mengenai plastik, ada beberapa hal perlu digarisbawahi, diantaranya perlunya melakukan riset terkait bioplastik mengingat telah ditetapkannya SNI 7188.7:2016 Kriteria ekolabel - Bagian 7 : Kategori produk tas belanja plastik dan bioplastik mudah terurai. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengembangan penelitian plastik berbasis nabati dan campuran, pembuatan produk plastik yang high value added semisal untuk industri otomotif dan elektronika, serta manajemen pengolahan limbah plastik.

Sumber : http://www.bbkkp.go.id/konten.php?konten=berita&idn=170

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: RI Berpotensi Pacu Daya Saing Sektor Hasil Perkebunan Melalui Industri 4.0 Kemenperin Gelar Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019 Kemenperin Siap Telurkan Inovasi Startup Industri Kerajinan dan Batik Kemenperin Ukur Ratusan Industri untuk Siap Memasuki Era 4.0 Perusahaan Manufaktur Nasional Siap Bertransformasi Menuju Industri 4.0 Industri Manufaktur Nasional Sumbang PDB Tertinggi di Asean Gaet Ratusan Pelanggan, Layanan Balai Riset Industri di Medan "Laris Manis" Menperin Serahkan Penghargaan Industri Hijau Kepada 143 Perusahaan Balai Riset Kemenperin di Surabaya Luncurkan Inovasi Berbasis Industri 4.0 Manufaktur Berdaya Saing Tinggi, Pemerintah Fokus Perkuat Industrialisasi
industri karet dan plastik

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.