Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Kemasan makanan Biodegradable polistiren foam

0 Comments
1249
17 Peb 2017

Keuntungan ganda yaitu biaya rendah dan sifat isolasi, membuat polystyrene banyak digunakan sebagai bahan pembungkus makanan. Namun,tekanan peraturan dan konsumen untuk mengurangi dampak dari sampah pengemasan telah memaksa perusahan untuk mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. Wadah polystyrene konvensional membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, meskipun proses dapat dipercepat  menggunakan metode kimia dan metode lain.namun, mahal  dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan lebih lanjut.

Ilmuwan Cina telah mengembangkan sebuah pendekatan baru untuk membuat polystyrene biodegradable foam. Polystyrene foam digunakan sebagai Kemasan pelindung untuk segala macam produk, tetapi hal ini tidak biodegradable. Sebelumnya produsen telah mencoba membuatnya lebih ramah lingkungan dengan memasukkan selulosa dan Pati, mikroba yang dapat menguraikan, atau menambahkan  polimer yang sensitif cahaya sehingga bisa terdegradasi oleh sinar matahari. Namun, semua metode ini memiliki kelemahan serius. Sebuah tim ilmuwan dari ilmu polimer dan Engineering College Quingdao Universitas Sains dan teknologi di Cina sekarang telah mengembangkan pendekatan baru yang melibatkan embedded water absorbing resin yang berdiameter kira-kira 5 micromeres yang dilewatkan melalui bahan kimia seperti styrene akan mengalami polimerisasi untuk membentuk bahan seperti polystyrene. Ketika partikel padat yang dihasilkan bercampur dengan air, partikel-partikel polimer membesar, mengurangi struktur polimer menjadi bubuk  kemudian terbiodegradasi. Tim mengatakan bahwa dengan mengubah rasio bahan, itu juga mungkin untuk mengontrol tingkat disintegrasi. Faktor penting adalah bahwa polystyrene foam yang dihasilkan lebih murah daripada bahan konvensional dan mudah diadopsi oleh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Selain itu, polystyrene foam baru untuk kemasan makanan, menawarkan terurai lebih cepat tanpa kehilangan kinerja saat digunakan. Firma Kanada Cascades mengklaim wadah Bioxo oxo-degradable polistirena miliknya terurai dalam waktu 3 tahun, tanpa kehilangan kinerja saat digunakan sebagai bahan kemasan. Bioxo menggunakan degradable aditif plastik (TDPAC), dikembangkan oleh pemasok aditif polimer Kanada. Aditif, dicampur dengan basis resin yang bertindak sebagai katalis untuk mempercepat degradasi, tanpa mengorbankan kinerja saat bahan digunakan sebagai sebuah paket, produsen mengklaim. Setelah penggunaan, bahan mendegradasi melalui paparan oksigen, panas dan sinal ultra-violet atau tekanan mekanis menjadi serbuk halus. Setelah dipecah, bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat mencerna bubuk. Proses penguraian akan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer dan sehingga kekurangan ruang dapat diatasi,di lain pihak solusi ini akan menambah masalah emisi gas rumah kaca. Bioxo telah disetujui untuk digunakan sebagai bahan kemasan makanan oleh regulator Kanada dan Amerika Serikat.

 

Sumber : “Biodegradable Polystyrene Foam Food Packaging.” 1 Pebruari  2017. 15 Pebruari 2017<http://www.plastemart.com/upload/Literature/Biodegradable-polystyrene.asp;

0.0
Last Modified: Kamis 09 Maret 2017 12:19
Related Articles: Pelesir ke Paris, Industri Makanan dan Minuman Nasional Genjot Ekspor RI-India Perkuat Kerja Sama Litbang di Sektor Industri Makanan Kemasan biodegradable meningkatkan umur simpan produk pangan Alternatif Kemasan Ramah Lingkungan untuk Makanan dan Minuman
Kemasan makanan Biodegradable polistiren foam

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.