Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru

0 Comments
1068
23 Nov 2017

 Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit. Potensi ini membuat Kementerian Perindustrian berinisiatif membentuk Balai Pengembangan Produk dan Standarisasi Industri (BPPSI) di Pekanbaru.

Langkah ini juga sebagai upaya memacu daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam cukup besar agar bernilai tambah tinggi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) serta perekayasaan. "Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Balai Litbang yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) berperan aktif melaksanakan alih teknologi hasil litbang kepada industri pengguna,” kata Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara pada rapat koordinasi dan peresmian BPPSI di Pekanbaru, Kamis (23/11).

Oleh karena itu, pembentukan BPPSI Pekanbaru bertujuan pula untuk meningkatkan daya saing industri melalui pelayanan standarisasi. Selain itu, membantu industri dalam analisis kebutuhan teknologi, analisis pasar dan pengembangan produk.

Selain itu BPPSI Pekanbaru juga didorong agar dapat bekerja sama dan bersinergi dengan instansi-instansi di daerah untuk melihat dan memetakan potensi yang dapat dikembangkan. Untuk itu, perlu dibangun jejaring kerja sama dengan pihak perusahaan, asosiasi industri, dunia usaha, dan lembaga riset baik di dalam maupun luar negeri.

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman memberikan apresiasi atas komitmen pengembangan potensi tersebut. "Kehadiran balai ini, Riau seperti mendapat semacam oleh-oleh dari Kementerian Perindustrian. Tentu ini perlu disyukuri dan perlu dukungan Dinas Perindustrian guna menunjang  pembangunan khususnya sektor industri," tuturnya.
Sumber:http://m.riaupos.co/167307-berita-kemenperin-bentuk-balai-litbang-di-pekanbaru.html

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Balai Riset Kemenperin Ciptakan Beragam Inovasi untuk Kemudahan IKM Langkah Strategis Kemenperin Percepat Transformasi Industri 4.0 Balai Kemenperin Temukan Inovasi Cara Ubah Sampah Plastik Menjadi BBM Kemenperin Lakukan Pilot Pendampingan Industri 4.0 Kepada 10 Perusahaan Pacu Industri Makanan, Balai Besar Industri Agro Manfaatkan Teknologi 4.0 Manfaatkan 'Patent Mapping', Kemenperin Cari Peluang Inovasi Pendukung Kendaraan Listrik Mati Lampu? Balai Kemenperin Ciptakan Penyimpan Daya Listrik Portabel Si Telmi Biam Masuk Peringkat Top 45, Inovasi Kemenperin Dukung Industri Minyak Kayu Putih Dorong Trasformasi Industri Digital, Kemenperin Gelar Roadshow INDI 4.0 Inovasi Litbang Genjot Kontribusi Ekspor dan Produktivitas Sektor Industri
Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.