Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Mikrosfer alami dari biopolimer PHA untuk perawatan pribadi dan produk kosmetik

0 Comments
260
05 May 2017

Microbeads plastik adalah partikel kecil dari PP atau PE yang ditambahkan sebagai abrasive untuk produk perawatan pribadi seperti scrub wajah, gel mandi dan pasta gigi. Mereka tidak hanya mencuci saluran pembuangan, tapi karena ukurannya yang kecil, lolos dari instalasi pengolahan limbah, dibuang ke badan air. Mikrobead PE / PP / PET ini tidak terurai, terutama di lingkungan perairan. Juga, karena menyerupai telur ikan, mereka cenderung tertelan oleh kehidupan perairan / laut. seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen untuk bahan perawatan pribadi yang ramah lingkungan serta mengarah pada pengembangan beberapa biopolimer biodegradable laut. Beberapa yang sedang dibahas, antara lain:Metabolix Inc. Dan Honeywell telah memasuki sebuah aliansi komersial, teknologi global eksklusif dengan menawarkan biopolimer biodegradable laut baru untuk digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi. Melalui aliansi tersebut, biopolimer Mirel polyhydroxyalkanoate (PHA) Metabolix akan dikembangkan sebagai bagian dari rangkaian perawatan yang digunakan dalam berbagai aplikasi penggunaan akhir mulai dari lipstik hingga pelembab hingga serbuk . Dengan diterapkannya biopolimer ini akan membantu menangani regulasi yang tertunda di Amerika Serikat yang berfokus pada penggantian mikrobaads sintetis dan non-biodegradable, serta permintaan global untuk alternatif biobased dan biodegradable. Teknologi ini dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan peraturan dan persyaratan lainnya di seluruh dunia untuk mikroba perawatan pribadi yang terurai dalam lingkungan perairan laut dan air tawar. Dengan menggunakan metode uji ASTM yang berlaku, biodegradabilitas laut dari biopolimer ini telah terbukti serupa dengan selulosa dan kertas, dan lebih cepat daripada polimer biodegradable lainnya yang tersedia secara komersial. Produk Metabolix, corn dextrose adalah bahan baku yang digunakan perusahaan untuk saat ini. PHAs memiliki komposisi yang mirip dengan selulosa atau kertas, dan memiliki kemampuan untuk memecah secara eksponensial lebih cepat daripada mikrobaad plastik. Mikrobaad ini dapat mengurai 80% dalam waktu 14 sampai 18 hari dalam air dan tanah. Mereka menarik bakteri yang melihatnya sebagai sumber makanan, mempercepat proses biodegrading. Microbeads juga bisa dikomposkan dan tidak melepaskan zat beracun begitu mereka memasuki lingkungan laut.

Minerv Bio Cosmetics, bioplastik 100% telah dikembangkan untuk menggantikan mikroba dalam kosmetik yang mencemari laut dan sekarang dilarang di banyak negara. Microbeads dibuat dari PHAs dan dirancang khusus untuk sektor kosmetik. Sebuah pabrik baru Bio-on akan mulai berproduksi pada tahun 2018. Partikel mikro plastik (dikenal sebagai microbeads) saat ini digunakan sebagai pengental atau stabilisator dalam produk yang banyak digunakan seperti lipstik, lipgloss, maskara, eye-liner, cat kuku, krim , Shampo, bak mandi busa dan bahkan pasta gigi mencemari lingkungan karena setelah digunakan, mereka menjadi bagian permanen dari siklus alami: plankton di sungai dan laut menelan partikel plastik mikroskopis ini dan dengan demikian mengenalkannya ke dalam rantai makanan. Tingkat pencemaran sangat serius sehingga pemerintah Amerika Serikat telah memutuskan untuk membawa undang-undang (Undang-Undang Perairan Bebas Mikroba 2015) yang melarang penggunaan polimer berbasis minyak dalam produk perawatan tubuh. Keputusan ini baru saja diikuti oleh negara lain.

Penggunaan produk kosmetik Minerv PHA Bio Cosmetics menghilangkan polutan ini karena partikel mikro bioplastik secara alami mudah terurai dalam air dan oleh karena itu, jangan masuk ke rantai makanan. Terlebih lagi, biopolimer yang dikembangkan di laboratorium Bio-on sebenarnya terurai menjadi nutrisi bagi beberapa mikroorganisme dan tumbuhan yang ada di alam. Oleh karena itu manfaat bagi lingkungan dua kali lipat. Bio-on juga menemukan bahwa, dalam produk kosmetik tertentu, bioplastik Minerv PHA Bio Cosmetics (formulasi tipe C1) mampu mengikat molekul dan antioksidan aktif, seperti Coenzyme Q10, vitamin, protein, dan zat aktif pada umumnya, mengangkutnya. Secara alami ke bagian tubuh di mana produk kosmetik biasanya diterapkan. Setelah menemukan zat aktif di mana ia harus bertindak, partikel mikro bioplastik secara alami dicuci atau diserap tanpa bekas. Bioplastik bio-on dibuat dari sumber tanaman terbarukan, beberapa di antaranya adalah limbah, tanpa persaingan dengan rantai pasokan makanan, dan 100% alami biodegradable. Bio-on memiliki seluruh proses teknologi untuk produksi dan penggunaan berbagai nilai PHA dan menerapkan strategi model bisnis Intelektual. PHA telah disertifikasi oleh Vincotte dan oleh USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat). Strategi Penerbit mempertimbangkan pemasaran lisensi untuk produksi PHA dan layanan tambahan terkait, pengembangan Litbang (juga melalui kolaborasi baru dengan universitas, pusat penelitian dan mitra industri), serta realisasi pabrik industri yang dirancang oleh Bio-On.

Di Kanada, TerraVerdae BioWorks telah mengumumkan rangkaian mikrosfer alami biodegradable untuk digunakan dalam produk perawatan pribadi dan kosmetik, sebagai pengganti langsung mikrobead plastik sintetis dan tidak dapat terdegradasi yang saat ini menjadi subyek peraturan ketat di seluruh dunia. Mikrosfer alami ini adalah biomaterial berbasis PHA yang diproduksi dengan menggunakan proses non-toksik yang tidak terkait dengan tanaman transgenik. Tidak seperti biomaterial lain yang membutuhkan lingkungan kompos untuk terdegradasi, secara intrinsik biodegradable dan memenuhi standar industri untuk pengelolaan biodegradasi di lingkungan laut Amerika Serikat untuk Pengujian dan Material (ASTM). TerraVerdae dapat menghasilkan mikrosfer dalam berbagai ukuran, baik dalam finishing halus dan kasar, yang menonjolkan kejernihan optik dan karakteristik mekanis untuk memenuhi semua persyaratan untuk formulasi kosmetik.

 

Source:

http://www.plastemart.com/plastic-technical-articles/Natural-microspheres-from-PHA-biopolymers-for-personal-care-and-cosmetic-products/2354

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Uji lapisan polimer untuk kanker, mencegah infeksi, mendeteksi kontaminasi bakteri Kementerian Perindustrian Tawarkan Solusi untuk Hilirisasi SDA di Kutai Kartanegara dan Kutai Timur India Memberlakukan Kebijakan Anti Dumping Produk Keramik Meningkatnya penggunaan pembungkus untuk menggerakkan pasar daur ulang botol plastik secara global Kemasan biodegradable meningkatkan umur simpan produk pangan Industry 4.0 Tingkatkan Produktivitas, Tenaga Kerja, dan Pasar Pelapis Keramik untuk Automotif yang Tahan Temperatur Tinggi Rekayasa solid tyre ber-TKDN tinggi untuk IKM Kursi Roda Pasien Peningkatan Daya Saing Industri Melalui Sertifikasi Produk Bioplastik yang terbuat dari putih telur menunjukkan sifat antibakteri
Microbeads plastik

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.