Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

PELAJARI PENGOLAHAN KULIT, PENGUSAHA FURNITURE ASAL AMERIKA KUNJUNGI BBKKP

0 Comments
693
10 Peb 2017

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) menerima kunjungan pengrajin furniture dari Amerika, Kyle beserta istri dengan didampingi oleh Rinto, dari industri penyamakan kulit di Yogyakarta pada Jumat (10/02/2017). Kyle adalah seorang pengusaha furniture yang memproduksi mebel yang terbuat dari kayu dikombinasikan dengan kulit, untuk pangsa pasar Amerika. Maksud kunjungan adalah untuk berkonsultasi mengenai proses sterilisasi pada penyamakan kulit, sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh pembeli (buyer) di Amerika. Khususnya di negara Pennsylvania dan Connecticut, buyer mempersyaratkan kulit yang diterima bebas dari bakteri dan mikroorganisme, sehingga perlu dipastikan bahwa kulit tersebut telah melalui proses sterilisasi.

Kunjungan diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik, Widodo didampingi oleh petugas laboratorium, untuk berdiskusi dan sekaligus mengamati peralatan yang diperlukan dalam proses sterilisasi kulit. Sebelum proses sterilisasi kulit dilakukan, perlu diuji suhu kerutnya, sehingga apabila dipanaskan pada suhu tinggi kualitas kulit tetap terjaga. Beberapa hal yang dibahas dalam kunjungan ini adalah mengenai beberapa metode sterilisasi kulit, dengan cara merebus kulit pada suhu 113 ℃, sistem steam pada tekanan tertentu untuk waktu 20-30menit, serta penguapan selama 2 kali dalam waktu masing-masing 1jam.

Hasil dari diskusi selama kunjungan, disarankan bahwa industri penyamakan kulit bisa menggunakan alat steam untuk sterilisasi kulit dengan 2 kali penguapan, masing-masing selama 1 jam, karena merupakan metode yang dinilai lebih efektif diterapkan.

Sumber: http://www.bbkkp.go.id/konten.php?konten=berita&idn=166

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Balai Kemenperin Bikin Alat Digital Uji Suhu Pengerutan Kulit Penyamakan MAHASISWA MAGISTER TEKNIK SISTEM UGM PELAJARI PROSES IPAL BBKKP DISKUSIKAN MANAJEMEN KONSERVASI AIR SEKTOR INDUSTRI, PUSLITBANG IHLH KUNJUNGI BBKKP Temu Pelanggan dan Survei Kepuasan Pelanggan BBKKP Tahun 2017 di Pontianak Pengusaha Antusias Ikuti Program Pendidikan Vokasi Industri Pembahasan Permasalahan Industri Karet dan Plastik Menperin Ajak 50 Pengusaha Perancis Investasi di Sektor Industri Menperin Kunjungi Showroom Industri Produk Kulit Huraira Leather Bag Rapat Tinjauan Manajemen BBKKP Pelajari Penyamakan Di BBKKP Untuk Pengembangan Wirausaha Bidang Kulit
PELAJARI PENGOLAHAN KULIT PENGUSAHA FURNITURE

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.