Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Pelapis Keramik untuk Automotif yang Tahan Temperatur Tinggi

0 Comments
1433
30 Mar 2017

Apakah pelapis keramik temperatur tinggi ? Istilah lain untuk pelapis keramik temperatur tinggi atau high temperature ceramic coating biasa disebut sebagai pelapis knalpot, atau pelapis bodi mesin tahan panas. Pelapis keramik tahan panas didesain untuk mencegah korosi pada sistem pembuangan atau knalpot dan juga komponen mesin lainnya. Korosi atau karat terjadi karena ada kelembaban di udara. Produk pelapis tahan panas dapat menahan temperatur hingga 650 °C bahkan ada beberapa produk yang dapat bertahan hingga 850 °C. Pelapisan keramik ini dapat meningkatkan durabilitas komponen dan juga memberikan isolasi panas. Pelapis keramik ini biasanya mempunyai ketebalan 0,05 - 0,1 mm yang permukaannya keras dan tahan terhadap karat dan pengelupasan. Pelapis ini juga memiliki ketahanan abrasi dan juga menempel sangat kuat.

 

Dimanakah pemakaian pelapis ini ? Pelapis keramik temperatur tinggi disarankan dilapiskan pada komponen yang terpapar temperatur tinggi. Pelapis keramik ini dapat digunakan pada krom, aluminum, baja, stainless, dan besi cor. Pelapis ini ideal untuk suku cadang yang terpapar terhadap temperatur yang ekstrim 1000 °C seperti knalpot, headers, manifold, turbo housing, intakes dan bracket.

Kenapa menggunakan pelapis ini ? Dengan menggunakan pelapis keramik tahan temperatur tinggi akan terasa peningkatan performa mesin. Ujung atas piston dilapisi dengan pelapis keramik memberikan lapisan perlindungan panas. Lapisan yang sudah dipoles ini memberikan suku cadang umur pakai yang lebih lama karena mengurangi kerusakan oleh panas dan mencegah karat. Keuntungan lainnya adalah membuat suku cadang mendingin lebih cepat.  

 

Apa keuntugan menggunakan pelapis keramik tahan panas ? 

- Proteksi korosi di sistem pembuangan

- Sudah diuji coba pada temperatur  diatas 500 °C dan 650 °C

- Dapat diaplikasikan pada suku cadang yang dapat tahan pada temperatur 250 °C

- Memberikan proteksi yang panjang terhadap korosi

- Mengurangi temperatur dibawah kap mobil sebesar 30 °C. Panas yang lebih sedikit yang diserap komponen sekitar, membuat awet komponen elektronik.

- Tenaga dari mesin bertambah

Pelapis ini hadir dalam berbagai macam warna mulai dari warna hitam sampai merah, pilihan permukaan bisa halus atau kasar dan juga bisa metalik. 

Sumber : www.competitiveedgecoatings.com

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Kemenperin Ukur Ratusan Industri untuk Siap Memasuki Era 4.0 Industri Manufaktur Nasional Sumbang PDB Tertinggi di Asean Manufaktur Berdaya Saing Tinggi, Pemerintah Fokus Perkuat Industrialisasi Terapkan Hasil Litbang, Kemenperin Gandeng Industri dan Peguruan Tinggi SNI diwajibkan untuk produk komersial Pemeritah Wajibkan SNI untuk Produk Komersial Kemenperin: SNI Wajib untuk Produk Komersial di Indonesia Ini simulasi usulan potongan pajak 200-300 persen untuk industri Uji lapisan polimer untuk kanker, mencegah infeksi, mendeteksi kontaminasi bakteri Kementerian Perindustrian Tawarkan Solusi untuk Hilirisasi SDA di Kutai Kartanegara dan Kutai Timur
pelapis keramik temperatur tinggi

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.