Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Rekayasa solid tyre ber-TKDN tinggi untuk IKM Kursi Roda Pasien

0 Comments
3895
23 Mar 2017

Pengembangan sumber daya alam (SDA) lokal untuk bahan proses produksi sangat diperlukan dalam mengurangi ketergantungan bahan baku impor, mendukung kemandirian bangsa, dan menghasilkan produk-produk unggulan. Karet alam, arang aktif dari biomassa, abu terbang batubara, kaolin, silika dari pasir kuarsa, dan bahan pelunak dari minyak nabati merupakan bahan baku ber-TKDN tinggi yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan daya saing produk lokal.


Solid tyre yang sebagian besar diimpor dari China adalah ban padat kursi roda yang dibuat dari karet alam, bahan kimia dan bahan pengisi. Sementara, karet alam lokal perlu mendapatkan perhatian khusus akan kebutuhan industri untuk produk karet teknik yang memiliki nilai tambah tinggi telah didominasi oleh produk impor berbahan baku utama karet sintetik. Atas dasar ini, penelitian rekayasa material karet alam dan bahan lokal dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai barang jadi karet seperti solid tyre.


Rekayasa material berbasis SDA lokal untuk solid tyre adalah dengan cara pembuatan compound karet dan pencetakan solid tyre. Kompon karet dengan bahan pengisi penambah, bahan pengisi penguat, bahan pelunak (SDA lokal), untuk solid tyre memiliki berbagai keunggulan termasuk sifat mekanik dan dapat menghemat devisa negara. Rekayasa ini diawali dengan penelitian dan pengkajian sifat mekanik solid tyre yang ada dipasaran, karakteristik sifat fisika kimia bahan baku karet alam, rekayasa material, serta penerapan proses dan produksi pada skala industri. Hasil penelitian tersebut, telah mendorong dan membantu tumbuhkembangnya satu IKM atau industri hilir barang jadi karet yaitu PT. Shima Prima Utama di Kota palembang. Solid tyre yang diproduksi sebanyak 1250 unit ban depan dan 1250 unit ban belakang per bulan dengan serapan material karet lokal ± 5.165 ton per bulan. Produksi tersebut, dapat memenuhi 41,67% dari total kebutuhan solid tyre sebanyak 6000 unit per bulan yang siap dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia.

0.0
Last Modified: -/-
Related Articles: Uji lapisan polimer untuk kanker, mencegah infeksi, mendeteksi kontaminasi bakteri Kementerian Perindustrian Tawarkan Solusi untuk Hilirisasi SDA di Kutai Kartanegara dan Kutai Timur Meningkatnya penggunaan pembungkus untuk menggerakkan pasar daur ulang botol plastik secara global BBK Buka Peluang Kerjasama Litbang dengan Perguruan Tinggi dan Industri Mikrosfer alami dari biopolimer PHA untuk perawatan pribadi dan produk kosmetik Rapat Konsolidasi Litbang Mobil Pedesaan (BBLM-ITENAS-POLMAN-Politeknik STMI Jakarta) Pelapis Keramik untuk Automotif yang Tahan Temperatur Tinggi Kerjasama RBPI Oven Gas Manual untuk Produksi Kue dan Roti Pemerintah Kaji Fasilitas "Tax Allowance" untuk Industri yang Kembangkan Pendidikan Vokasi Alternatif Kemasan Ramah Lingkungan untuk Makanan dan Minuman
TKDN; solid tyre

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.