Berita/Artikel Litbang Share Information - berita/artikel terkait litbang industri

Kementerian Perindustrian Tawarkan Solusi untuk Hilirisasi SDA di Kutai Kartanegara dan Kutai Timur

0 Comments
169
24 Jul 2017

Sumber alam yang melimpah di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kutai Timur (Kutim), belum bisa dikelola secara menyeluruh.
Kebanyakan, sumber alam tersebut hanya dijual dalam bentuk mentah.


Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dan Bupati Kutim, Ismunandar.


Keduanya turut memberi sambutan dalam Seminar Nasional yang digelar Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand), Samarinda, Kamis (20/7/2017).
 Edi berharap, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), di bawah Kementrian Perindustrian, bisa membantu Kukar dalam hal hilirisasi industri.

"Kami kurang di hilirnya. Contohnya, di Zona Pesisir, Kukar punya program revitalisasi tambak yang dikombinasikan dengan rumput laut. Hasilnya melimpah. Tapi ya itu, dijual dalam bentuk mentah," kata Edi.

Kukar, dengan luas daratan 27 km persegi, menurut Edy, punya potensi alam yang melimpah. Edy juga berharap, MoU yang dijalin dengan BPPT ini, bisa segera direalisasikan.

"Supaya, riset yang berkaitan dengan industri ini bisa dilakukan dengan baik di Kukar. Catatannya, riset harus disesuaikan dengan potensi yang ada. Karena, Kukar ini dibagi tiga zona. Pesisir, tengah dan, ulu. Masing-masing zona punya karakteristik sendiri," urai Edi.

Senada, Bupati Kutim, Ismunandar mengungkapkan hal yang sama. Kutim, kata Ismunandar, saat ini fokus pada pengembangan agroindustri, agribisnis dan pariwisata.

"Kami punya luas daratan 35 ribu km persegi. Lebih luas dari Provinsi Jawa Barat. Kebun sawit kami 500 ribu hektare dengan 28 pabrik CPO (crude palm oil). Tapi, kami masih jual hanya dalam bentuk CPO," ungkap Ismunandar. (*)

Video Seminar Nasional I Tahun 2017
Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda
"Peranan Riset dan Inovasi Teknologi dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Industri Berbasis Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan"


Sumber://http://kaltim.tribunnews.com/2017/07/20/sumber-ala...

0.0
Last Modified: Tuesday 25 July 2017 08:54
Related Articles: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan, Sumut Dorong Para Pengrajin Batik Meningkatkan Kuali Uji lapisan polimer untuk kanker, mencegah infeksi, mendeteksi kontaminasi bakteri Meningkatnya penggunaan pembungkus untuk menggerakkan pasar daur ulang botol plastik secara global Mikrosfer alami dari biopolimer PHA untuk perawatan pribadi dan produk kosmetik Kunjungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Bandung beserta IKM Binaan ke BBIA Industri 4.0 Solusi Peningkatan Daya Saing Indonesia Pelapis Keramik untuk Automotif yang Tahan Temperatur Tinggi Rekayasa solid tyre ber-TKDN tinggi untuk IKM Kursi Roda Pasien Pemerintah Luncurkan Pendidikan Vokasi Industri di Jawa Timur Kerjasama RBPI Oven Gas Manual untuk Produksi Kue dan Roti
kukar-kutim hilirisasi industri

No Comments Yet...

Leave a reply

Your email address will not be published.