Informasi Publik  

Pelayanan Informasi Publik

Standar Pelayanan Informasi Publik ini sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan informasi publik oleh Sekretariat BPPI. Standar Pelayanan Informasi Publik juga digunakan untuk menjamin terlaksananya prosedur pelaksanaan atas jasa pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terpenuhinya kualitas pelayanan dalam pelaksanaan jasa pelayanan dan konsistensi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan jasa pelayanan. Standar pelayanan tersebut dimaksudkan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Visi dan Misi

Visi
“BPPI sebagai penyedia data dan informasi yang berkualitas dan kredibel dalam rangka mendukung visi Industri Nasional: Indonesia sebagai Negara Industri Tangguh”

Misi

  1. Menjamin akses informasi publik sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.Meningkatkan kualitas layanan informasi publik.
  2. Meningkatkan profesionalisme SDM layanan informasi publik.
  3. Memperkuat sarana prasarana dalam rangka efisiensi dan efektfitas layanan informasi publik.
  4. Meningkatkan pengelolaan dokumentasi informasi publik.

Dasar Hukum

  • UUD 1945 Pasal 28 F menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
  • Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 pasal 13 tentang Keterbukaan Informasi Publik, menyebutkan bahwa untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana setiap Badan Publik wajib menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), membuat dan mengembangkan sistem penyediaan pelayanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar sesuai petunjuk teknis standar layanan informasi publik yang berlaku secara nasional.

Mekanisme Perolehan Informasi

Prinsip dalam menyediakan informasi adalah cepat, tepat waktu dan biaya ringan. Mekanisme untuk memperoleh informasi publik: Setiap Pemohon informasi publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh informasi publik kepada Badan Publik secara tertulis atau tidak tertulis. Badan Publik wajib mencatat nama dan alamat Pemohon informasi publik. Badan Publik wajib mencatat permintaan informasi publik yang di ajukan secara tidak tertulis. Badan Publik wajib memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima. Dalam hal permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan. Dalam hal permintaan disampaikan melalui surat, pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman informasi.


Cara Memperoleh Informasi

Melalui website atau email Dapat men-download informasi publik yang tersedia pada website (www.kemenperin.go.id), yang sebelumnya mengisi formulir yang telah tersedia Melalu telepon/fax Dapat menghubungi telepon desk layanan informasi di nomor (021) 5253206, 5255509 ext. 2666, Fax (021)5255609. Melalui jasa pos Mengirimkan surat melalui jasa pos yang ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dengan alamat Pusat Komunikasi Publik, Kementerian Perindustrian , di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 52-53 Jakarta Selatan 12950 Langsung Datang Langsung ke Desk Layanan Informasi, dengan alamat Gedung Kementerian Perindustrian (Lantai Dasar), Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 52-53 Jakarta Selatan.


Jangka Waktu Penyelesaian

Proses penyelesaian dalam memenuhi permintaan pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan; Waktu penyelesaian di laksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak di terimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang di minta berada di bawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja; Penyampaian Informasi public kepada pemohon informasi publik di lakukan secara langsung, melalui email. Fax ataupun jasa pos.


Waktu Pelayanan Informasi

Pemberian Pelayanan Informasi Publik di laksanakan setiap hari kerja Senin s/d Jumat, dengan pembagian waktu sebagai berikut: 
Senin s.d Kamis : 09.00 - 15.00 WIB, Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB 
Jumat : 09.00 - 15.00 WIB, Istirahat : 11.00 - 13.00 WIB 
Alamat: Desk Layanan Informasi Publik Lobby Gedung Kementerian Perindustrian Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 52-53 Jakarta Selatan.