Nilai dan Budaya Kerja Nilai-nilai Budaya Kerja Pegawai

Pada tanggal 25 Mei 2016 Menteri Perindustrian bertempat di Ruang Garuda Kementerian Perindustrian mencanangkan nilai dan budaya kerja di lingkungan Kementerian Perindustrian. Dihadiri oleh Menteri Keuangan, Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan pada Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian PAN & RB serta para pejabat Eselon I & II di lingkungan Kementerian Perindustrian. Pencanangan nilai dan budaya kerja merupakan bagian dari revolusi mental untuk mewujudkan manusia yang berintegritas, mau bekerja keras dan semangat bergotong royong, yang diharapkan berdampak positif bagi pertumbuhan industri di Indonesia.

Nilai dan budaya kerja tersebut, diharapkan dapat mempercepat penerapan reformasi birokrasi, khususnya terkait dengan upaya mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien serta memiliki pelayanan publik berkualitas.

Lima nilai-nilai dan budaya kerja yang ditetapkan sebagai acuan bagi pegawai Kemenperin, yang terdiri dari integritas, profesional, inovatif, produktif dan kompetitif. Kelima nilai ini disebut INSAN OKE, yang harus diketahui, dipahami dan diamalkan oleh semua aparatur Kemenperin dalam bekerja, bersikap dan berkontribusi dalam pengembangan industri nasional.

 INTEGRITAS

Integritas, diartikan sebagai berpikir, berkata, berperilaku, dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral yang berlaku. Dengan memegang teguh integritas, maka perilaku utama yang dijalani oleh para pegawai di lingkungan Kemenperin adalah bertindak dengan konsisten yang dilandasi dengan norma dan kode etik profesi; serta bekerja dengan penuh tanggung jawab dan transparan.

PROFESIONAL

Aparat yang profesional adalah mereka yang bekerja dengan tuntas dan akurat didasarkan kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab dan memiliki komitmen yang tinggi. Perilaku utama dari profesionalitas adalah bekerja dengan kualifikasi teknis, standar profesi dan prosedur baku; serta melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang relevan.

INOVATIF

Para pegawai diharapkan berupaya melakukan berbagai penyempurnaan yang memiliki nilai tambah untuk mengimplementasikan gagasan sebagai solusi alternatif guna mempermudah proses kerja yang lebih baik, cepat dan tepat. Perilaku utama dari nilai kerja inovatif adalah selalu melakukan perbaikan proses dan cara kerja secara berkesinambungan; serta mengembangkan ide baru, alternatif atau kreasi dalam meningkatkan pelayanan kepada para pemangku kepentingan.

PRODUKTIF

Para pegawai juga diharapkan memiliki nilai produktif dalam bekerja, yakni dengan cara pengelolaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk memberikan hasil kerja yang bermanfaat dan tepat guna sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Perilaku utama dari nilai produktif ini adalah bekerja dengan menggunakan sumber daya secara optimal mencapai kinerja yang maksimal; serta hasil kerja memberikan manfaat dan berguna bagi para pemangku kepentingan.

KOMPETITIF

setiap pegawai diharapkan menjadi yang terbaik, memiliki daya saing dan keunggulan serta berguna baik bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Nilai kerja ini terpancar dari perilaku utama yang dimiliki, yakni bersikap dan berperilaku untuk menjadi yang terbaik; serta mengedepankan keunggulan atau keunikan yang dimilikinya dalam menghadapi persaingan.

LOGO INSAN OKE

Nilai dan Budaya Kerja

No Comments Yet...

Leave a Reply

Your email address will not be published.