Pembukaan INNOFEST 2018 Pembukaan INNOFEST 2018

INNOFEST 2018

Presiden Republik Indonesia telah menetapkan inisiasi Making Indonesia 4.0 menjadi salah satu agenda nasional pembangunan Indonesia untuk mempercepat pencapaian visi menjadi negara 10 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030. Kementerian Perindustrian ditugaskan sebagai leading sector dalam gerakan Making Indonesia 4.0 dan Kementerian/Lembaga lain serta pemerintah daerah harus mendukung penuh gerakan Making Indonesia 4.0 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Salah satu langkah untuk mempercepat implementasi industri 4.0 yang dapat dilakukan adalah internalisasi industri 4.0 dalam mewujudkan Making Indonesia 4.0. Internalisasi bertujuan untuk lebih mendalami industri 4.0 sehingga dapat memudahkan dalam implementasinya. Internalisasi dilakukan terhadap 10 prioritas nasional, salah satunya adalah Pembangunan ekosistem inovasi dengan ruang lingkup a) kegiatan litbang, b) dukungan finansial, c) Capacity Building, d) Dukungan Insentif, e) Dukungan Regulasi, f) Penumbuhan Start Up.

Untuk itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian menyelenggarakan International Knowledge Sharing dengan tema “Building Innovation Ecosystem for Making Indonesia 4.0”, dalam rangka meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha dan akademisi.

Di dalam Making Indonesia 4.0, strategi untuk mendorong sektor industri makanan dan minuman dalam kerangka Industry 4.0 yaitu: 1.) Mendorong produktifitas di sektor hulu yaitu pertanian, peternakan, dan perikanan, melalui penerapan dan investasi teknologi canggih seperti sistem monitoring otomatis dan autopilot drones.  2.) Karena lebih dari 80% tenaga kerja di industri ini bekerja di UMKM, 3.) Berkomitmen untuk berinvestasi pada produk makanan kemasan untuk menangkap seluruh permintaan domestik  di  masa  datang seiring  dengan  semakin  meningkatnya  permintaan  konsumen. 4.) Meningkatkan ekspor dengan memanfaatkan akses terhadap sumber daya pertanian dan skala ekonomi domestik. Sehingga melalui strategi tersebut, diharapkan pada Tahun 2030 industri makanan dan minuman Indonesia menjadi powerhouse di sektor tersebut di kawasan ASEAN. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Perindustrian telah merancang kegiatan Seminar Internasional “How Industry 4.0 Can Elevate Food and Beverage Industry In Indonesia” yang bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan model bisnis dan teknologi Industry 4.0 yang disampaikan oleh pakar yang kompeten dan terlibat langsung dalam bidang tersebut. Melalui seminar tersebut, diharapkan dapat menginspirasi para pemangku kepentingan terkait dalam menentukan langkah - langkah strategis untuk peningkatan daya saing industri makanan dan minuman melalui implementasi Industry 4.0.