Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Agro  

Seleksi Penghargaan Rintisan Teknologi Industri Tahun 2019

Latar Belakang dan Tujuan

Penghargaan RINTEK merupakan penghargaan tertinggi pemerintah, yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada industri/perusahaan, yang telah secara luar biasa menghasilkan perekayasaan, invensi, dan/atau inovasi teknologi yang berhasil diproduksi dan dikomersilkan. Penghargaan RINTEK bertujuan untuk mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan, serta mengembangkan daya saing industri nasional, dengan memanfaatkan pengembangan riset dan teknologi industri yang bernilai tinggi. Melalui penghargaan ini, diharapkan akan memotivasi perusahaan/industri, lembaga R&D, maupun inventor untuk terus melakukan upaya pengembangan atau perekayasaan teknologi, sehingga ketergantungan Indonesia pada impor barang-barang modal/mesin, dan peralatan dapat diminimalkan.

 

Manfaat Bagi Peserta/Industri

Penghargaan yang akan diberikan secara langsung oleh Menteri Perindustrian RI ini, merupakan bentuk pengakuan resmi dari pemerintah kepada perusahaan/industri dalam bidang rintisan teknologi. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan akan meningkatkan prestise dari perusahaan dan produk yang dihasilkan, sehingga dapat meningkatkan antusiasme konsumen akan produk/teknologi hasil invensi/inovasi.

 

Ketentuan Umum

Peserta terbuka bagi seluruh perusahaan/industri dengan kinerja sebagai berikut:

  1. Industri/Perusahaan kelas menengah atau besar;
  2. Merupakan industri padat teknologi;
  3. Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN); dan 
  4. Produk/Teknologi yang dihasilkan merupakan hasil invensi dan/atau inovasi yang telah berhasil diproduksi dan dikomersialisasikan.

Peserta yang memenuhi kriteria dapat dicalonkan/diusulkan oleh:

  1. Tim Pengusul Pusat (Instansi Pemerintah Pusat, Asosiasi, dan Dirjen terkait);
  2. Tim Pengusul Tingkat Daerah (Instansi Pemerintah Daerah, Inkubator Bisnis, dan Perguruan Tinggi di daerah setempat); dan
  3. Usulan dari perusahaan/industri secara langsung.

Jadwal Penyelenggaraan

Kegiatan Waktu
Pendaftaran Peserta 25 Februari - 31 Mei 2019
Batas Akhir Penyerahan Sinopsis 17 Juni 2019
Pengumuman Peserta Lolos Workshop 27 Juni 2019
Presentasi/Workshop RINTEK 10 - 11 Juli 2019
Verifikasi Lapangan 22 Juli - 9 Agustus 2019
Pengumuman Penerima Penghargaan RINTEK 16 Agustus 2019
Pengumuman Penghargaan oleh Presiden RI/Menteri
Perindustrian RI (Tentatif)
Agustus 2019 ( Jadwal Menyusul)

Tatacara Pendaftaran Peserta

Setiap peserta/tim pengusul yang berminat dapat mendaftarkan diri/calon yang diusulkan kepada panitia melalui  link bit.ly/RINTEK2019 atau email:puslitbang_ia@kemenperin.go.id atau CP atas nama John Henry Sianipar (0816 1403 129) atau Vernando ( 0812 2408 0070)selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2019. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di Buku Pedoman (Booklet) RINTEK 2019.dan Brosur RINTEK 2019.