Video Litbang BPPI Dokumentasi kegiatan Litbang Industri

Profile BPPI

Solid Tyre Baristand Palembang

Teknologi Ketel Minyak Kayu Putih Baristand Ambon

Produksi Kotak Karton Gelombang dari Tandan Kosong Sawit Skala Pabrik

Pengembangan Prototipe Panel Pengendali Kebisingan Suara dari
Serat Alam Sabut Kelapa (Coir Fiber)



Daftar Video Litbang BPPI

Profile BPPI

Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) adalah Unit Eselon I di bawah Kementerian Perindustrian yang bertugas menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang perindustrian. Berdasarkan struktur, organisasi, dan tata kerja BPPI menaungi 5 unit eselon II di pusat dan 24 unit di daerah yaitu 11 Balai Besar (sektoral setingkat eselon II) dan 12 Balai Riset dan Standardisasi Industri (regional setingkat eselon III) serta Balai Sertifikasi Industri, berperan aktif dalam policy research dan applied research dalam bidang industri.

Balai Besar Tekstil

Salah satu tahapan dalam pertenunan ATBM dobby ialah pembuatan desain tenun (gambar desain, penyusunan kartu dobby, pemasangan kartu pada perangkat dobby). Tahapan ini relatif lama terutama untuk desain yang rumit. Penelitian pembuatan ATBM dobby elektronik diharapkan dapat mempersingkat proses desain kain tenun ATBM. Penelitian meliputi pembuatan rangka ATBM, menyusun perangkat dobby elektronik, pembuatan software desain, pembuatan sistem kontrol dobby elektronik, persiapan pertenunan, dan pengujian ATBM (proses tenun). Hasil pengujian ATBM dobby elektronik dibandingkan dengan ATBM dobby mekanik dalam hal pembuatan kain tenun menunjukkan bahwa ATBM dobby elektronik unggul dalam hal pembuatan desain, mekanisasi proses tenun (pembukaan mulut lusi, penguluran benang lusi dan penggulungan kain), dan kemudahan operasional tenun berkat penerapan teknologi elektronik.

Balai Besar Kerajinan Batik

Indonesia terkenal kaya akan budayanya yang beragam, diantaranya batik dan kain tenunan tradisional. Seiring dengan adanya pengakuan dari UNESCO bahwa batik sebagai warisan budaya tak bentuk, masyarakat luas sekarang lebih menghargai dan bangga menggunakaan Produk Tenun Lurik Finishing Motif Batik Dengan Zat Warna Alam.

LITBANG BBT BANDUNG

Pengembangan Prototipe Panel Pengendali Kebisingan Suara dari Serat Alam Sabut Kelapa (Coir Fiber)​.

LITBANG BBPK BANDUNG

Penelitian ini merupakan hasil kerjasama antara Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Balai Besar Pulp dan Kertas, PT. Kertas Padalarang dan PT. Makmur Rekasantika.
Penelitian dilaksanakan pada tahun 2013 selama satu tahun.
Pembuatan pulp dan kertas dilaksanakan di PT.
Kertas Padalarang dan Pembuatan Kotak Karton Gelombang dilaksanakan di PT. Makmur Rekasantika.
Penelitian sudah bisa diterapkan dalam skala industri.

Teknologi Ketel Minyak Kayu Putih Baristand Industri Ambon

Maluku memiliki potensi pohon kayu putih sangat besar yang tumbuh tersebar di beberapa daerah, yaitu; kabupaten Buru ±120.000 ha, kabupaten Seram Bagian Barat ± 50.000 ha, Kabupaten Maluku Tenggara Barat ± 20.000 ha, dan kabupaten Maluku Tengah 60.000 ha (BPS 2015).Luas tanaman kayu putih di Indonesia telah mencapai lebih dari 248.756 hektar yang sebagian besar berada di wilayah Perum Perhutani dengan produksi tahunan mencapai 500 ton.

Solid Tyre Baristand Palembang

Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang (Baristand Industri Palembang/BIPA) sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, fokus pada pengembangan bidang teknologi proses produksi karet.​ Beberapa hasil riset dari BIPA, di antaranya karet otomotif, aspal berkaret, karet untuk bahan bangunan, karet untuk alat kesehatan, dan ban vulkanisir. Prototipe produk-produk tersebut mempunyai kualitas produk sesuai SNI dengan biaya produksi yang bersaing.

Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik

Karena kulit ikan pari keras sehingga diperlukan mesin jahit yang kuat.Untuk memuadahkan proses penjahitan perlu dilakukan pengikisan u tuk menghilangkanbutiran mutiara pada bagian yang akan di jahit. Saat ini belum ada peralatan yang sesuai untuk menghilangkan butiran mutiara kulit ikan pari sehingga pengrajin menghadapi kendala pada waktu menjahit kulit ikan pari. Pengrajin mencoba untuk menghilangkan butiran mutiara kulit ikan pari secara manual akan tetapi hasilnya kurang sem[purna dan membutuhkan waktu yang lama.

BPPSI PEKANBARU

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meresmikan pengoperasian Balai Pengembangan Produk dan Standardisasi Industri (BPPSI) Pekanbaru yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI).
Pembentukan BPPSI Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri berlandaskan keunggulan sumber daya yang dimiliki Provinsi Riau melalui kegiatan pengembangan mutu dan nilai tambah produk serta pelayanan standardisasi di bidang industri.

Pembukaan INNOFEST 2018

Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian menyelenggarakan International Knowledge Sharing dengan tema “Building Innovation Ecosystem for Making Indonesia 4.0”, dalam rangka meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha dan akademisi.

Sinovik 2018 - Pegas Bima (Baristand Industri Medan)

Inovasi teknologi pengeringan berbasis energi surya mampu mengatasi kelemahan sistem pengeringan secara penjemuran dan tidak tergantung pada energi fosil seperti pengering yang memanfaatkan pamanas listrik atau gas. Melalui rancang bangun yang tepat guna maka pengering berbasis energi surya dapat menaikkan suhu udara pengeringan sehingga lebih besar dari suhu udara lingkungan.

Tax Holiday Bagi Industri Kimia Diyakini Mampu Menarik Investor

Industri kimia menjadi salah satu dari 17 industri yang menerima insentif tax holiday dari pemerintah. Direktur Eksekutif Federasi Industri Kimia Indonesia Suhat Miyarso meyakini tax holiday mampu menarik investor untuk menanamkan dananya di industri kimia.

Badan Litbang Industri

Menyelenggarakan Penelitian dan Pengembangan di Bidang Perindustrian.

TI-KLIK 2017, bppi.kemenperin.go.id

Info. Detail

Ged. Kementerian Perindustrian, Jl. Gatot Subroto Kav. 52-53 lt. 19-20, Jakarta 12950
+62 525 1429
+62 525 1429
infolitbang@kemenperin.go.id