Database Litbang Informasi Detail Litbang Industri

Ekstraksi Rumput Laut Sebagai Pewarna Alam Untuk Batik

Suatu ekstraksi zat warna dari alga sargassum sp.dan Turbinaria sp, sesuai dengan invensi sekarang yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: Pembersihan alga sargassum ap dan turbinaria melalui pencucian dan kemudian mengeringkannya. Perendaman alga sargassum sp.dan Turbinaria sp.dalam NaOH pada suhu 80°C selama 1 jam. Perendaman alga sargassum sp.dan Turbinaria sp.dalam Na2C03 pada suhu 80°C selama 24 jam. Kenya ring alga sargassum sp.dan Turbinaria sp.dan meniriskannya. Mendiamankan larutan [memeramkan larutan] selama 24 jam, dan Larutan zat warna siap digunakan.

EKSTRAKSI RUMPUT LAUT SEBAGAI PEWARNAAN ALAM UNTUK BATIK

No Paten: P00201200722 Untuk memperoleh pewarna coklat, warna dominan pada tekstil tradisional Indonesia itu, mereka mengekstrak zat pewarna dari alga coklat, yaitu Sargassum filipendula dan Turbinaria.

Formula Karet Shock Damper Menggunakan Filler Arang Aktif Bambu

Tujuan dari invensi ini adalah untuk mendapatkan formula karet shock damper menggunakan filler arang aktif bambu. Arang bambu yang digunakan dengan tingkat kehalusan 400 mesh dan diaktifkan menggunakan asam phosphat (H3PO4). Bahan baku dan bahan kimia yang digunakan untuk membuat vulkanisat karet antara lain : Rubber Smoked Sheet (RSS), SBR, Arang Aktif Bambu, pelunak (Minarek), Carbon Black, 6 PPD, Trimethyl Quinon (TMQ), ZnO, Asam Stearat, Cyclohexyl-2-benzothiazylsulfenamide (CBS), Tetramethyl Thiuram Disulfide (TMTD), Sulfur, Si69 dan PVII.

Formula Starter Pemodifikasi Ubi Kayu yang Mengandung Bahan Pengimobilisasi dan Proses Pembuatan For

Invensi ini mengungkapkan suatu metode untuk memodifikasi ubi kayu tesebut. lebih lanjut invensi ini berhubungan dengan suatu formula starter untuk memodifikasi ubi kayu yang mengandung: bahan aktif isolat bakteriasam laktat hasil fermentasi spontan ubi kayu, bahan pengimobilisasi sel bakteri adalah ca-alginat dan gelatin sebagai carier dan bahan pengisi adalah tepung beras. selanjutnya dikeringkan dengan pengering vakum berkompresor dengan suhu 36 – 38 °C dimana diperoleh starter untuk pemodifikasi ubi kayu dalam bentuk bubuk

Formulasi Kulit Samak Domba/Kambing yang Ramah Lingkungan dan Proses Pembuatannya

Invensi ini berkaitan dengan formulasi penyamakan kulit yang ramah lingkungan. Lebih khusus, invensi ini berkaitan dengan formulasi penyamakan kulit samak domba/kambing yang ramah lingkungan menggunakan bahan penyamak nabati dari mimosa.

FORMULASI PENYAMAKAN KULIT JAKET DOMBA YANG RAMAH LINGKUNGAN

No Paten : P00201406642 28 Okt 2014 -- Sesuai dengan invensi sekarang ini berkaitan dengan formulasi peminyakan di penyamakan kulit yang ramah lingkungan. Lebih khusus, invensi ini berkaitan dengan formulasi peminyakan di penyamakan kulit samak domba/kambing yang ramah lingkungan menggunakan bahan penyamak nabati dari mimosa

HAND AND BODY LOTION DARI LEMAK KAKAO DAN PROSES PEMBUATANNYA

No Paten : P00201402836 14 Mei 2014 Invensi ini berkaitan dengan formulasi dan proses pembuatan suatu produk perawatan kulit berupa hand and body lotion dari lemak kakao yang mengandung polifenol

KAMPAS REM KENDARAAN BERMOTOR

Nomor Paten ID P0029623 - Kampas rem adalah komponen penting Kendaraan bermotor. Konsumsi kampas rem roda 2 dan roda 4 meningkat pesat sejalan pertumbuhan ekonomi. Bahan pengisi kampas rem diantaranya ASBES yang digunakan saat ini perlu dibatasi dan ditinggalkan. Serat Pulp kimia atau mekanis dapat menggantikan bahan serat asbes pada kampas rem.

KERTAS KEMAS YANG BERFUNGSI SEBAGAI PROTEKSI KOROSI ATMOSFERIK UNTUK PRODUK LOGAM, BAJA DAN APLIKASI

Alat dengan Nomor Paten P – 00200100485 Penemuan ini adalah penemuan baru yang berkaitan dengan spesifikasi kertas yang digunakan untuk kemasan baja, non baja, dan metal lain

KOMBINASI INCINERATOR DENGAN WET SCRUBBER UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN

No Paten: 1D P0033688 - Suatu teknologi pembakaran dengan sistem penghancuran secara thermal dalam alat Incinerator dapat digunakan untuk: penanggulangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B-3) yang mengandung komponen POHCs (Principle Organic Hazardous Constituent).