Database Litbang Informasi Detail Litbang Industri

Lapisan layak santap berbahan dasar pati

Invensi ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan invensi terdahulu, dan tujuan khususnya adalah untuk menyediakan suatu komposisi lapisan layak santap yang lebih ekonomis dalam hal jumlah penggunaan bahan baku dengan tidak mengorbankan sifat perlindungan fisik terhadap uap air dan gas lainnya serta sifat mekanik dengan komposisi terdiri dari pati 2% berat, polisakarida 0,08% berat, plastisizer 0,5% berat, lipid 0,15% berat, antioksidan 0,54% berat, dan air 96,73% berat.

Makanan Kesehatan Cokelat dari Biji Kakao Non Fermentasi dan Non Alkalisasi untuk Memperbaiki Profil

Sesuai dengan invensi ini, produk makanan kesehatan cokelat ini diformulasi dan diolah dari biji kakao non- fermentasi dan non-alkalisasi, ditambah dengan gula sukrosa, untuk membantu proses penyerapan zat ke dalam tubuh. Komposisi produk adalah 95% keping biji kakao (cocoa nib), dan 5% gula sukrosa, basis berat kering. Produk makanan kesehatan diwujudkan berupa formula dalam bentuk pasta cokelat dan dalam bentuk bubuk cokelat yang dikapsulkan. Makanan kesehatan cokelat menurut invensi ini, dapat digunakan untuk memperbaiki profil lipid darah, dan dapat digunakan sebagai adjunct therapy pada penanganan hiperkolestetolemia.

MAKANAN KESEHATAN DARI PASTA COKELAT

No Paten : P00201402835 14 Mei 2014 Invensi ini berkaitan dengan formulasi dan proses pembuatan suatu produk makanan kesehatan dari biji kakao menjadi pasta cokelat (dark chocolate).

Makanan Kesehatan dari Pasta Cokelat

Tujuan dari invensi ini adalah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan invensi terdahulu dengan menyediakan makanan kesehatan dari pasta cokelat. Produk makanan kesehatan dari pasta cokelat menurut invensi ini diwujudkan dalam bentuk formula yang terdiri dari pasta cokelat yang dibuat dari biji kakao; dengan proses pembuatannya melalui tahapan sortasi biji, penyangraian biji, pendinginan biji, pengupasan biji, penggilingan biji kakao, conching, dan pencetakan dalam kapsul.

Material Heat Resistant Fire Grate untuk spare part boiler pada pabrik kelapa sawit

Invensi ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan atas invensi terdahulu, dan bertujuan utamanya untuk menyediakan komponen fire grate dengan komposisi material berupa besi tuang silikon tinggi (BT-ST), dengan proses pembuatannya melalui tahapan pengecoran, permesinan dan heat treatment

Material Tapak Rantai Untuk Komponen Kendaraan Tempur Tank Jenis Ringan

Invensi ini berhubungan dengan komponen tapak rantai (track link) untuk kendaraan tempur tank jenis ringan. Tapak rantai kendaraan tempur tank adalah komponen untuk menapak dan bergerak sehingga mensyaratkan sifat yang keras, kekuatan tarik tinggi tetapi masih tangguh. Invensi ini adalah penggunaan material baja bainit, untuk mengganti material baja martensit temper atau baja mangan, sebagai material tapak rantai kendaraan tempur tank jenis ringan, yang menggunakan proses perlakuan panas yang sederhana, yaitu normalisasi pendinginan kipas. Struktur mikro compacted vermicular bainite yang diperoleh akan menghasilkan kekerasan sebesar 31 HRC, kekuatan tarik sebesar 96 Kgf/mm2 serta pengurangan luas 21% yang sudah sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Mesin jarum pemukul (needle punching) nirtenun skala laboratorium

Invensi ini berkenaan dengan pembuatan mesin jarum pemukul nirtenun dengan skala laboratorium. Mesin ini dilengkapi dengan suatu papan/dudukan yang berisi jarum-jarum bergerigi dengan ujung segitiga yang terbuat dari bahan baja anti karat. Papan jarum (needle board) tersebut dapat bergerak pada arah sumbu Z atau vertikal atau naik dan turun, sedangkan bahan baku serat dapat bergerak pada arah sumbu X yaitu arah horizontal. Sumber arus listrik menggerakkan dua buah elektromotor dengan tegangan masing- masing 380 Volt 3 phase.

Mesin Plasma Tekstil Lucutan Korona Pada Tekanan Atmosfir (Atmospheric Corona Discharge) Skala Labor

Invensi ini berhubungan dengan pembuatan mesin plasma tekstil lucutan korona pada tekanan atmosfir (Atmospheric corona discharge) skala laboratorium. Mesin ini dilengkapi ruangan atau satu reactor plasma yang berisi elektroda positip anoda berupa multi titik dari bahan jarum-jarum baja dan elektroda negatip (katoda) berupa pelat baja tahan karat.

Metode Pembuatan Bacterial Cellulose dari Kulit Nanas

Tujuan utama dari invensi ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang telah ada sebelumnya, dimana suatu metode pembuatan bacterial cellulose dari kulit nanas sesuai dengan invensi ini terdiri dari tahapan-tahapan: (a)pembuatan media dari kulit nanas; (b)inokulasi kultur Acetobacter sp. pada media kulit nanas; (c)inkubasi/fermentasi secara agitatis; (d)pencucian bacterial cellulose; dan (e)homogenisasi bacterial cellulose. Media yang digunakan terbuat dari kulit nanas tanpa bahan kimia tambahan lainnya, fermentasi dilakukan secara agitatis pada 100-200 rpm, dan homogenisasi bacterial cellulose dengan menggunakan alat pendispersi pada kecepatan 3.000-25.000 rpm hingga diperoleh bacterial cellulose yang tersebar merata dan berukuran mikro. Bacterial cellulose ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan pangan dan bahan eksipien obat.

Metode Pembuatan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Komposit Berbahan Utama Sabut Kelapa

Invensi ini berhubungan dengan suatu proses pembuatan palang pintu perlintasan kereta api komposit berbahan utama sabut kelapa. Palang pintu hasil invensi ini dapat digunakan sebagai pengganti palang pintu perlintasan kereta api dari kayu yang saat ini umum digunakan. Metoda pembuatan dari invensi ini adalah menghancurkan sabut kelapa; mengambil serat kelapa; mengeringkan serat; mencampur serat dengan poliuretan dan MC; mencetak campuran serat; mengeluarkan dari cetakan; mengeringkan hasil cetakan; melapisi papan hasil cetakan dengan serat gelas dengan resin epoxy sebagai perekatnya; menghaluskan permukaan; melapisi dengan cat; dan merakit menjadi palang pintu.